15 Tahun Penjara Buat Ferry Surya Prakasa

Ferry Surya Prakasa, terdakwa kasus kematian penyanyi Alda Risma Elfariani divonis 15 tahun penjara oleh majelis hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (9/8).

Majelis hakim menyatakan Ferry terbukti melakukan pembunuhan berencana terhadap Alda, seperti diatur dalam pasal 340 KUHP. Ferry tidak dijatuhi hukuman maksimal, yaitu hukuman mati, karena berlaku sopan selama sidang.

Vonis itu lebih berat dari tuntutan jaksa, yaitu 14 tahun penjara. Jaksa menuntut 14 tahun penjara karena beranggapan Ferry telah melakukan tindak pidana pembunuhan tanpa perencanaan, seperti diatur dalam pasal 338 KUHP.

Menanggapi hal itu, kuasa hukum Ferry, Zaky Tandjung berniat mengajukan banding. Ia menyatakan putusan majelis tidak memperhatikan fakta-fakta yang terungkap di persidangan.

Zaky juga menilai putusan majelis hakim itu berlebihan, dan mengabaikan ketidakmampuan jaksa dalam membuktikan bahwa Ferry melakukan pembunuhan berencana. "Jaksa saja tidak bisa membuktikan pembunuhan berencana, hanya pakai pasal 338 KUHP," kata Zaky.

Sementara itu, pihak keluarga almarhumah Alda menyesalkan putusan majelis hakim. Halimah, ibunda Alda, mengamuk sesaat setelah putusan dibacakan untuk meluapkan amarahnya. Pada saat Jaksa melakukan tuntutan, Halimah juga mengamuk karena berharap Ferry dituntut hukuman seumur hidup.

Sumber : http://www.media-indonesia.com

No comments:

Post a Comment